Viral

Presiden Ukraina Zelensky Tak Hadir di KTT G20, Tapi Ikut Secara Virtual

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak akan hadir secara fisik dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, pada 15-16 November 2022. Zelensky akan menghadiri KTT G20 secara virtual saja.

Juru bicara Presiden Ukraian, Serhiy Nykyforov mengkonfirmasi kehadiran secara virtual orang nomor satu di Ukraina itu kepada penyiar lokal Suspilne yang dikutip, Selasa (8/11).

Zelensky sebelumnya menegaskan tak akan mengambil bagian dalam KTT G20 di Bali jika Presiden Rusia Vladimir Putin hadir dalam acara tersebut.

Namun Nykyforov tak mau menjelaskan soal sikap Zelensky yang berubah pikiran tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (jokowi) memastikan 17 negara sudah mengkonfirmasi kehadirannya untuk datang dalam KTT G20 di Bali nanti. Dari 17 negara tersebut, Jokowi memastikan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping akan hadir.

“Sudah, itu yang sudah pasti 17,” kata Jokowi di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Bali, Selasa (8/11/2022).

Jokowi juga menyinggung soal kepastian kehadiran dari Zelensky dan Putin. Dia mengatakan kedua kepala negara itu bersedia hadir namun masih tergantung situasi di masing-masing negaranya.

“Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky. Beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan,” kata Jokowi.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button