Viral

Puluhan Rumah di Bandung Barat Terendam Banjir

Sebanyak 46 rumah yang berada di Desa Bojonghaleuang, Kecamatan Saguling, Bandung Barat terendam banjir dengan ketinggian mencapai 40 sentimeter. Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Asep Sulaiman mengatakan banjir mengakibatkan sejumlah saluran air tersumbat lumpur dan ranting pohon.

Saluran air yang mengalir di pemukiman warga tersumbat oleh lumpur dan kayu-kayu pohon yang terbawa arus banjir. “Tim gabungan langsung diterjunkan untuk melakukan pembersihan saluran yang tersumbat,” katanya, Minggu (7/11/2021).

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terhadap korban banjir serta membantu warga membersihkan material lumpur yang tersisa.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini potensi hujan di wilayah Jawa Barat per 7-8 November 2021, salah satunya Kabupaten Bandung Barat.

Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi risiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Terlebih lagi fenomena La Nina peningkatan curah hujan yang diprediksi terjadi hingga Februari 2022 mendatang.

Anton Hartono

Jurnalis yang terus belajar, pesepakbola yang suka memberi umpan, dan pecinta alam yang berusaha alim.
Back to top button