Bisnis

Selalu Mikirin Rakyat, Inilah Menteri Berambut Putih Favorit Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani sepakat dengan Presiden Jokowi bahwa rambut putih serta kerutan di wajah, ciri khas pekerja keras yang pro rakyat. Diam-diam dia punya favorit dengan ciri yang sama.

Siapakah dia? Ternyata, sang menteri yang membuat Sri Mulyani takjub adalah sosok yang dikenal dekat dengan Presiden Jokowi. Iya, betul. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

“Saya ingin berterima kasih ke Pak Bas (Basuki Hadimuljono), yang luar biasa, sebagai pimpinan dan Menteri PUPR yang kalau dilihat dari rambutnya (putih). Menurut Pak Presiden itu berarti setiap detik memikirkan rakyat. Karena rambutnya putih dan kulitnya berkerut,” kata Sri Mulyani dalam Seremoni Serah Terima BMN Kementerian PUPR 2022 Tahap 2, Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Sri Mulyani bilang, Menteri Basuki sangat hati-hati dalam membelanjakan uang negara. Buktinya, setiap acara Kementerian PUPR, tidak pernah digelar di hotel atau tempat lain. Namun ya di Kementerian PUPR.

“Pak Bas ini selalu prudent, saya tidak pernah diundang Pak Bas pergi ke hotel tuh, selalu pertemuannya di sini (Kementerian PUPR), bandnya band dalam sendiri, minumannya ya cuma itu. Kalau yang lain barang kali di hotel,” katanya.

Tak bermaksud menyanjung, Sri Mulyani mengakui bahwa kinerja Menteri Basuki cukup oke, di antara para pembantu Presiden Jokowi. Selama dipimpin Basuki, Kementerian PUPR bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Termasuk serapan anggarannya cukup optimal.

“Anggaran itu, menghasilkan banyak manfaat yang cukup besar. Beberapa pembangunan infrastruktur yang dilakukan Pak Bas, dihibahkan ke pemerintah daerah, kementerian, lembaga atau yayasan,” jelas Sri Mulyani.

Pada 2019, misalnya, nilai hibah aset infrastruktur Kementerian PUPR untuk daerah, mencapai Rp18,3 triliun. Setahun kemudian agak turun menjadi Rp14,3 triliun. Namun pada 2021, melonjak Rp233 triliun.

“Triliun lho, uang beneran. Makanya saya berterima kasih kepada kepemimpinan Pak Basuki. Pak Bas adalah the truly bapak pembangunan Indonesia,” kata Sri Mulyani.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button