Viral

Silaturahmi dengan Ribuan Ulama Banten, Anies Bersujud di Masjid Agung

Anies Rasyid Baswedan mengunjungi sejumlah lokasi di Provinsi Banten yang antara lain berada di Kabupaten Lebak, Kota Serang, dan Kota Tangerang dalam rangkaian kegiatan silaturahmi kebangsaan bersama Partai NasDem pada Selasa (24/1/2023) dan Rabu (25/1/2023.

Di antara kegiatan selama dua hari ini, Anies melakukan ziarah Kesultanan Banten dan silaturahmi dengan ribuan ulama Banten di kediaman KH. Fathul Adzim. Mantan Gubernur DKI Jakarta yang diusung sebagai calon Presiden (Capres) 2024 oleh Partai NasDem ini mengunjungi wilayah Banten Lama, menapak tilas Kesultanan Banten.

“Alhamdulillah, bersyukur bisa bersilaturahmi dengan Kesepuhan Banten sekaligus ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin dan bersujud di Masjid Agung Banten,” tutur Anies dalam akun Instagram miliknya dikutip Rabu (25/1/2023).

Dalam silaturahmi ini Anies mengaku mendapat banyak nasihat, wejangan, dan hikmah terlebih Kesultanan Banten memiliki sejarah perjuangan yang luar biasa gemilang di dalam membela kebenaran dan keadilan. “Yang tradisi itu dijaga oleh para zuriat, sehingga kami merasa perlu secara khusus bersilaturahmi ke sini,” lanjut Anies.

Calon Presiden (Capres) 2024 yang diusung Partai NasDem ini juga menyampaikan terima kasih atas wejangan dan surah Al Kautsar dari KH Tb Fathul Adzim. “Sebuah surah yang paling pendek, tapi itu yang perlu kami jadikan perhatian dan insya Allah menjadi pegangan dalam mengemban amanat besar ke depan,” tambah Anies.

Silaturahmi kebangsaan Anies Baswedan
Anies Baswedan bersilaturahmi dengan ribuan ulama dan Kesepuhan Banten sekaligus ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin di Kota Serang, Banten pada Selasa (24/1/2023). (Foto: Instagram Anies Baswedan)

Sebelum ziarah Kesultanan Banten dan silaturahmi dengan ribuan ulama Banten, Anies mengunjungi suku Baduy di Ciboleger, Kabupaten Lebak, yang menjadi titik pertama kunjungan Anies dalam silaturahmi kebangsaannya di Banten.

Anies mengaku sangat senang bisa kembali ke Desa Baduy Luar dan bersilaturahmi bersama masyarakat Baduy, berdialog dan mendengarkan apa-apa saja yang menjadi tantangan dan harapan masyarakat adat Baduy ke depan. “Terima kasih juga atas Lomar dari Ayah Mursid yang dipakaikan kepada kami, ini akan kami jaga dan simpan baik-baik,” ujar Anies yang 10 tahun lalu juga mengunjungi Banten.

Anies menyebut masyarakat Baduy menjadi contoh bagaimana manusia dapat hidup berdampingan dengan alam, menjaganya, dan mengambil manfaatnya tanpa harus merusaknya. “Maka dari itu perlu bagi kita semua mempercayakan pemanfaatan lahan yang lebih besar, seiring pertumbuhan penduduk Baduy, sehingga manfaat lahan tersebut dapat dirasakan lebih luas dan harapannya akan lebih terjaga,” ungkap Anies.

Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 yang meliputi Banten dan DKI Jakarta, A. Effendy Choirie dalam keterangan tertulisnya dikutip, Rabu (25/1/2023), mengatakan silaturahmi dengan tokoh masyarakat Baduy/ Jaro suku Baduy di Kediaman Jaro Saeja, Ciboleger, Kabupaten Lebak merupakan salah satu upaya Anies memberikan perhatian kepada keberagaman Indonesia.

“Jadi suku bangsa, sebagai bagian dari keberagaman kebhinekaan di Indonesia. Itu perlu ditengok dan di suku Baduy itu kan juga ada kerajinan-kerjinan ekonomi,” kata politisi yang akrab disapa Gus Choi ini dilansir dari NasDem.id.

Gus Choi menjelaskan, di Banten Anies lebih banyak mendengarkan suara-suara dari berbagai elemen masyarakat, mulai dari suku Baduy, tokoh agama, hingga nelayan.

Anies juga mendatangi langsung sentra pertanian di Kecamatan Warunggunung, Lebak. Di sana, Anies menanam benih bersama para petani dan menyampaikan gagasan sekaligus mendengarkan suara masyarakat petani sekaligus makan siang “ngaliwet” bersama.

Berikutnya, Anies juga menengok langsung sentra ekonomi maritim di Pelabuhan Karangantu. Di tempat ini Anies melihat langsung dan secara khusus menyampaikan gagasan dan mendengar suara dari masyarakat nelayan.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button