Hangout

Telaga Saat, Spot Wisata Alam nan Eksotis di Puncak Bogor

Rabu, 21 Sep 2022 – 18:55 WIB

Shutterstock

Berwisata alam merupakan salah satu aktivitas yang tepat untuk menghilangkan penat akan rutinitas harian. Jika Anda ingin menyegarkan pikiran dan memanjakan mata dengan melihat yang serba hijau, berkunjunglah ke Telaga Saat di kawasan Puncak, Bogor. Dibuka pertama kali pada tahun 2018, Telaga Saat bisa menjadi tujuan tempat liburan di Puncak yang mengagumkan bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Ingin tahu lebih banyak tentang objek wisata Telaga Saat Puncak? Simak ulasan berikut ini!

Pemandangan Danau Alami yang Meneduhkan

Sesuai namanya, tempat wisata ini menawarkan telaga atau danau seluas 1,5 hektare yang masih alami. Keelokan danau yang merupakan titik 0 Sungai Ciliwung tersebut semakin sempurna karena dikelilingi perbukitan hijau nan asri dan hamparan perkebunan teh. Udara di sekitarnya pun sejuk, ditulis di Jakarta, Selasa, (21/09/2022).

Berkunjung ke Telaga Saat sangat cocok bagi Anda yang memang mencari tempat tenang bernuansa alam untuk merelaksasi pikiran. Sembari menikmati suasana sekitar, Anda bisa melihat pesona Gunung Kencana dan Gunung Gede Pangrango di depan mata yang sesekali tampak samar lantaran diselimuti kabut.

Merupakan Salah Satu Hidden Gem di Puncak

Dengan daya tarik forest view mengagumkan yang terbilang langka, Telaga Saat sering kali disebut sebagai salah satu keindahan tersembunyi di Puncak. Bahkan, sejak dibuka, tempat ini sempat viral di media sosial selama beberapa bulan. Meskipun banyak pilihan spot wisata alam di Puncak, Telaga Saat tetap mampu memikat hati pengunjung untuk datang kembali.

Telaga Saat Puncak buka setiap hari, mulai pukul 07.30–18.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Jika ingin mendapatkan pemandangan alam yang bagus untuk mendukung hasil foto Anda, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari.

Di waktu pagi, Anda bisa melihat kabut yang mungkin jarang ditemukan di perkotaan. Sedangkan saat sore hari, Anda berkesempatan menyaksikan momen sunset yang indah. Bila ingin datang pada siang hari pun tidak masalah, karena cuaca di sini tetap terasa sejuk.

Memiliki Spot Camping dengan View Kebun Teh Terbaik

Merasa belum cukup puas menikmati indahnya Telaga Saat? Tenang, Anda dapat menginap di dekat lokasi telaga. Tepat di sisi selatan telaga, terdapat spot berkemah yang aman dan nyaman, yaitu Wisata Javana Sehat. Ini merupakan satu-satunya area camping ground yang mudah dijangkau dan buka selama 24 jam. Walau terpisah dari area danau, Anda tetap bisa melihat pemandangan Telaga Saat dengan jelas dari sini.

Untuk berkemah di Wisata Javana Sehat, Anda perlu membayar harga tiket masuk sebesar Rp50.000 per hari. Setelah beristirahat semalaman, pada pagi harinya Anda akan disambut dengan keindahan view kebun teh hijau yang luas. Selagi berada di sini, tidak ada salahnya mencoba menaklukkan jalur trekking yang cukup menantang. Hitung-hitung berolahraga dan melatih otot tubuh.

Usai trekking, Anda bisa bersantap pagi di warung makan yang terdapat di lokasi camping. Menikmati sajian mie instan, segelas teh hangat dan beberapa gorengan, ditemani udara sejuk di alam terbuka, menjadi perpaduan yang sempurna untuk menutup momen liburan Anda di Puncak.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek dan mencari tempat wisata alam yang tidak terlalu jauh, mengunjungi Telaga Saat Puncak bisa menjadi pilihan. Dari Kota Bogor, jarak tempuhnya sekitar 34 kilometer atau kurang lebih 1,5 jam berkendara melalui Jalan Raya Puncak – Cianjur.

Sementara itu, jika Anda berangkat bersama rombongan dan ingin perjalanan yang lebih praktis, bisa menggunakan moda transportasi bus dari kota asal menuju Bogor. Anda bisa cek harga tiket bus di Pegipegi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Selamat merencanakan liburan!

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button