Viral

Uji Kelayakan Calon Panglima TNI, Laksamana Yudo Dikawal KSAD hingga Kapolri

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono tiba di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat siang (2/12/2022) guna menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI. Dia tampak dikawal Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Yudo mengaku tidak merasa tegang menjelang uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI. Pasalnya, ia  karena didampingi oleh Listyo, Dudung, dan Fadjar.

“Masa dikawal tiga ini, tegang?” kata Yudo.

Ia menyebut akan mengkonfirmasi data-datanya yang sudah diverifikasi oleh Komisi I DPR.

“Ada persyaratan-persyaratan dulu,” ujar Yudo melanjutkan.

Laksamana Yudo sempat menjelaskan tentang Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang tidak hadir mendampingi dirinya.

“Pak Andika ada acara. Beliau ada acara,” ucap Yudo menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafidz mengatakan pihaknya telah menyatakan kelengkapan berkas Laksanama Yudo Margono.

Rencananya, lanjut Meutya, verifikasi faktual akan dilakukan dengan mengunjungi kediaman Laksamana Yudo. Kunjungan berlangsung setelah uji kepatutan dan kelayakan serta pemaparan visi dan misi Laksamana Yudo Margono.

“Kalau fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) selesai hari ini dan pengambilan keputusan berjalan lancar hari ini, maka hari ini juga, sore setelahnya, kami akan lakukan kunjungan ke kediaman beliau,” tutur Meutya.

Laksamana Yudo Margono menjalani fit and proper test calon Panglima TNI hari ini. Sebab, Presiden Joko Widodo telah menerbitkan Surat Presiden (Surpres) penunjukan Laksamana Yudo sebagai  calon Panglima TNI. Laksamana Yudo akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki masa pensiun. Ketua DPR RI Puan Maharani menerima Surpres ini pada Senin (28/11/2022).

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button