Arena

Menpora Lolos Syarat ‘Pernah Jadi Pengurus’, Sejak 2004 Urus Sepak Bola Gorontalo

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memenuhi syarat dalam pencalonannya sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2022/2027.

Zainudin Amali lolos syarat pernah/aktif sebagai pengurus sepak bola di Indonesia, di bawah PSSI.

Saat dikonfirmasi, Ketua Komite Pemilihan (KP) Amir Burhannudin mengatakan pihaknya sudah menerima bukti bahwa Menpora Amali terlibat aktif dalam kepengurusan sepak bola Nasional setidaknya dalam kurun waktu lima tahun. Bahkan, Amir menyebut, politisi Partai Golkar itu masih terdaftar dalam kepengurusan klub kasta ketiga Liga Indonesia sejak 2004 silam.

“Berkas beliau (terlibat dalam kepengurusan sepak bola) ada sejak tahun 2004. Bahkan sampai sekarang,” kata Amir saat dikonfirmasi Inilah.com, Kamis (2/2/2023).

Walau demikian, Amir enggan merinci klub mana yang sempat diurus oleh Menpora Amali.”Dikuatkan dengan keterangan nya oleh Asprov Gorontalo,” jelas dia menambahkan.

Soal dokumen kepengurusan Zainudin Amali di level klub, Amir terhalang aturan untuk menyebarluaskan data dan fakta calon-calon pengurus PSSI.

“Kalau dari KP tidak bisa (memperlihatkan buktinya) karena harus memberlakukan yang sama dengan calon lain, namun bila yang bersangkutan ingin menunjukan sendiri ya boleh saja,” tandasnya.

Menilik Ayat 4 Pasal 38 Statuta PSSI, salah satu syarat untuk menjadi Komite Eksekutif (Exco) PSSI, termasuk wakil ketua umum, adalah pernah aktif di sepak bola dalam koridor PSSI sekurang-kurangnya selama kurun waktu lima tahun.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali dan 15 kandidat lainnya dipastikan lolos menjadi calon sementara wakil ketua umum PSSI periode 2023-2027.

Selain mereka, lima figur termasuk Erick Thohir dan LaNyalla Mahmud Matallitti juga berhak menjadi calon sementara ketua umum dan 53 orang lain berstatus calon sementara anggota Exco PSSI.

Berikutnya, proses memasuki masa banding pada 1-3 Februari 2023 yang ditangani oleh Komite Banding Pemilihan (KBP).

Seusai itu, KBP akan mengumumkan daftar calon tetap Exco PSSI periode 2023-2027 pada 6 Februari 2023. Calon tetap inilah yang berhak bersaing dalam proses pemilihan di Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button