Viral

Anies Puncaki Survei Capres CSIS, Parpol: Buah Prestasi di DKI

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) meyakini survei Center of Strategic and International Centre (CSIS) yang memunculkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) teratas tak lepas dari torehan prestasi selama menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Survei bisa menggambarkan kondisi saat ini. CSIS punya reputasi yang baik. Dengan prestasi di DKI wajar mas Anies memuncaki,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada Inilah.com, Selasa (27/9/2022).

Mardani menjelaskan, hasil survei ini sepatutnya menjadi pijakan ke depannya. Terutama bagi Anies agar bisa mempertahankan maupun meningkatkan elektabilitas (tingkat keterpilihan) menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pasalnya, semua kemungkinan masih berpeluang terjadi.

“Pilpres masih panjang. Apapun masih mungkin terjadi,” ujar Mardani menegaskan.

Sebelumnya, CSIS merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas atau tingkat keterpilihan bakal capres yang digadang-gadang bakal berkontestasi pada Pilpres 2024.

Hasilnya, Gubernur DKI Anies Baswedan tidak terkalahkan (47 persen) mengalahkan Ganjar Pranowo (43,9 persen). Apabila kedua figur diadu secara head to head, Ganjar keok lantaran tidak mendapatkan limpahan suara dari pendukung capres lain.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengakui Ganjar unggul dalam beberapa simulasi. Namun tak mampu membenamkan potensi Anies. Dalam survei yang dilaksanakan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden berusia 17-39 tahun di 34 provinsi selama 8-13 Agustus 2022, elektabilitas Anies mengalahkan Ganjar yang hanya mendapat 43,9 persen dukungan.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button