Viral

Anies Resmikan Gapura Chinatown Jakarta, Pernah Dihancurkan Jepang pada 1938

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Gapura Chinatown Jakarta di Kawasan Glodok Pancoran, Tamansari, Jakarta Barat, Kamis (30/6/2022).

Gapura tersebut pernah dirubuhkan pada tahun 1938 pada masa penjajahan Jepang.

Mungkin anda suka

“Kita berdiri tepat di titik gapura yang pernah berdiri sebelumnya. Gapura yang dulu diruntuhkan ketika pendudukan Jepang,” kata Anies.

Gapura itu dihiasi ukiran naga dan papan nama berwarna merah yang menginformasikan pengguna jalan bahwa sedang memasuki kawasan pecinan.

“Gapura ini unik, kalau gapura pecinan di tempat lain biasanya dominan warna merah, kalau di sini berwarna beton. Jadi kalau orang ingat gapura berwarna beton, ingatnya Jakarta,” ujar Anies.

Di bawah gapura itu juga terdapat sebuah batu pengesahan yang bertuliskan:

Atas Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Gapura Chinatown Jakarta di Kawasan Pancoran Glodok kini diresmikan dan dibangun kembali ke titik awalnya pada tahun 1938.

Gapura ini menjadi penanda sebuah kawasan bersejarah yang telah menjadi tempat warga Jakarta berkumpul dan berinteraksi sejak begitu lama. Di sini, budaya dan identitas China Town bertumbuh dan ikut mewarnai keragaman Jakarta, serta ikut menegaskan posisi Jakarta sebagai kota global.

Semoga kawasan ini makin berkembang, terus menjadi pendorong kemajuan kebudayaan Jakarta, serta meninggalkan kesan indah dan mendalam bagi semua yang berkunjung dan berkegiatan di dalamnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan

30 Juni 2022.

Back to top button