Viral

Kader NasDem Minta Anies dan Ganjar “di-NasDem-kan”, Ini Kata Surya Paloh

Menyusul munculnya permintaan dari kader Partai NasDem agar nama bakal calon presiden yang diusulkan, yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo “di-NasDem-kan”,  Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyebut akan dilihat nanti karena dia belum pernah ketemu dan bicara serius.

“Memang wacananya ada, tapi belum pernah bicara. Mungkin setelah besok kita lihat,” kata Surya Paloh di sela-sela pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Partai NasDem 2022, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Surya Paloh mengatakan, Partai NasDem memberikan penekanan dari aspek kualitas dan responsibilitas yang mumpuni untuk bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Pada pembukaan Rakernas Partai NasDem 2022, Surya Paloh mengatakan, Indonesia memerlukan pemimpin yang bisa membangkitkan Indonesia pascapandemi Covid-19. “Kita perlu pemimpin yang bisa bangkit pasca pandemi, mampu menjaga eksistensi negeri ini di tengah gelombang perubahan dunia,” katanya.

Oleh karena itu, kader Partai NasDem harus tetap konsisten dengan semangat partai yang mampu menentukan arah perjalanan untuk bangsa. “Kita memang semestinya menjaga harmonisasi dengan seluruh institusi politik, komunikasi yang cair memberi penghargaan satu sama lain,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku  menolak untuk diusung sebagai capres oleh Partai NasDem. Ganjar menegaskan dirinya merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP) dan tidak tertarik menjadi kutu loncat karena pindah partai.

Ganjar menyatakan hal itu ketika disinggung adanya usulan DPW NasDem untuk mencapreskannya pada Pilpres 2024. “Saya terima kasih mendapatkan kehormatan itu, tapi saya PDI Perjuangan,” kata Ganjar saat menghadiri rapat koordinasi kepala dan wakil kepala daerah terkait konsolidasi partai menjelang Pemilu 2024, di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Usulan capres Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem dalam Rakernas didominasi nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ia mengantongi dukungan dari 32 DPW.

Urutan kedua ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diajukan 29 DPW. Hal itu mencuat dalam pleno perhelatan Rakernas Partai NasDem, Kamis (16/6/2022). Total ada 34 DPW Partai NasDem.

Dari 32 DPW, hanya dua DPW yang tak mengajukan Anies Baswedan sebagai capres yaitu Papua Barat dan Kalimantan Timur. Kedua DPW ini menginginkan agar Partai NasDem mengedepankan kader internal.

Back to top button