Market

Kolaborasi BSI dan BSI Maslahat Dukung UMKM Pedesaan Naik Kelas

Dukung sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Bank Syariah Mandiri (BSI) dan BSI Maslahat membantu sektor peternakan di daerah lewat program desa BSI.

Regional Financing Jakarta 1 Business Deputy BSI, Ricky Ricardo mengatakan, program desa BSI ini menyasar pelaku UMKM di daerah. Termasuk peternak kecil di wilayah pedesaan.

Mungkin anda suka

“Harapan dengan adanya program desa binaan ini, akan memberikan kebermanfaatan tidak hanya untuk para peternak saja tetapi untuk masyarakat desa lainnya. Semoga domba kambing dari desa binaan disini bisa dikenal dan menjadi ciri khas unggulan Desa Cijengkol,” ujar Ricky dalam resmikan Desa Bangun Sejahtera Indonesia (Desa BSI) klaster peternakan domba kambing Desa Cijengkol Kecamatan Cilograng, Lebak, Banten, dikutip Senin (19/5/2023).

Dia menjelaskan, Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng dipilih menjadi lokasi Desa BSI, melalui pengembangan peternakan domba kambing. “Desa ini masih memiliki potensi peternakan domba dan memiliki lahan potensi pakan yang cukup luas serta penduduk yang sudah terbiasa beternak,” paparnya.

Dalam peresmian Desa BSI ini, hadir pula Direktur Eksekutif BSI Maslahat, Sukoriyanto Saputro; Direktur Implementation Empowerment BSI Maslahat, Fauzi Indrianto; Kepala Dinas Peternakan, Rahmat Yuniar; Sekretaris Camat Cilograng, Roni Hardiansyah; dan Kepala Desa Cijengkol, Nendi.

Total peternak yang menjadi penerima manfaat program sebanyak 50 kepala keluarga dengan bantuan 500 ekor domba beserta sarana dan prasarana termasuk pelatihan dan peningkatan kapasitas paternak. Nominal bantuan pemberdayaan masyarakat Desa Cijengkol sebesar Rp2,6 miliar.

“Terimakasih BSI dan BSI Maslahat, saya berpesan semoga para penerima manfaat disini dapat melaksanakan program dengan sebaik-baiknya. Semoga Desa Cijengkol bisa menjadi desa percontohan bagi desa lainnya untuk pembibitan ternak yang berkualitas,” ujar Roni.

Program Desa BSI dijalankan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dengan pendampingan intensif dari BSI Maslahat. Seluruh proses budidaya sampai pemasaran akan dilakukan sepenuhnya oleh kelompok peternak. Sehingga mereka akan mendapatkan hasil yang optimal dalam menginisiasi perbaikan kualitas dan kuantitas ternak domba.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button