Inersia

Pentingnya Ajarkan Rasa Empati dan Simpati pada Anak Sejak Kecil

Rasa empati dan simpati tidak datang begitu saja. Karena itu, penting ajarkan rasa empati dan simpati pada anak sejak kecil.

Anastasia Satriyo, M.Psi, selaku psikolog anak menjelaskan betapa pentingnya agar si kecil memiliki rasa empati dan simpati dengan sesama. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan untuk berbagi kepada teman maupun siapapun yang membutuhkan.

“Baiknya kebiasaan untuk berbagi dipupuk sejak dini agar sang buah hati dapat tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan memiliki rasa empati tinggi terhadap sesama,” ungkap Anastasia di acara ELC Jakarta, baru-baru ini.

Anastasia Satriyo menambahkan, anak belajar untuk berbuat kebaikan melalui quality time bersama dan mencontoh dari orangtuanya.

“Ajarkan anak melalui permainan yang menyenangakn dan tidak memaksa, hal ini membuat anak ingat akan memiliki keinginan untuk mengulang berbuat baik kedepannya,” tambahnya.

Anastasia berbagi tips melatih anak untuk berbuat kebaikan:

1. Menggunakan kata-kata atau kalimat yang baik dan mengapresiasi perilaku anak yang baik

2. Bermain role play menggunakan figur dan mainan yang konkrit

3. Bermain sambil mengenalkan beragam nama emosi pada anak

4. Dalam beberapa permainan biarkan anak memegang kendali. Anak yang mendapatkan kesempatan untuk diikuti saat bermain akan lebih mudah berempati terhadap orang lain.

Mia Umi Kartikawati

Redaktur, traveller, penikmat senja, musik, film, a jurnalist, content creator enthusiast, food lovers, a mom who really love kids. Terus belajar untuk berbagi dan bersyukur dalam jalani hidup agar bisa mendapat berkah.
Back to top button