Arena

Inilah Profil Al Nassr, Klub Baru Cristiano Ronaldo Peraih Gelar 9 Kali Juara Liga Arab Saudi

Cristian Ronaldo resmi bergabung dengan klub barunya Al Nassr, Arab Saudi. Al Nassr tercatat menjadi klub paling sukses di Arab Saudi.

Al Nassr menjadikan Ronaldo sebagai pemain dengan penghasilan tertinggi di dunia. Keduanya telah menyepakati itu sekitar 200 juta euro (sekitar Rp3,30 triliun) per tahun.

Berbasis di Riyadh, klub asal Arab Saudi itu dibentuk pada 1955. Al Nassr memainkan pertandingannya di Stadion Mrsool Park. Klub tersukses di Arab Saudi itu, kiranya telah memenangkan sekitar 27 trofi di semua kompetisi.

Abdul Rahman bin Saud Al Saud adalah pemilik asal klub Arab Saudi, Al Nassr yang diambil alah pada tahun 1960. Ia membawa klub nya itu pada masa kejayaan sisi terbaik negara hingga menjadi terkenal secara finansial.

Pada tahun 2004, Abdul Rahman bin Saud Al Saud meninggal pada 2004 namun, klub itu terus mendapat dukungan keuangan dari royalti Saudi.

Al-Nassr sendiri berasal dari kata bahasa Arab sebagai “kemenangan”. Klub dengan nama yang sama ditemukan di Oman, Kuwait, Bahrain, UEA dan Libya tetapi klub Arab Saudi inilah yang pertama sebagai mengambil nama tersebut.

Logo klub melambangkan peta Arab Saudi dengan warna kuning dan biru. Kuning sebagai pasir cantik di gurun Arab, dan biru sebagai cairan yang megah di laut Arab.

Baru-baru ini logo lama telah ditukar dengan versi “lebih modern”, tetapi masih sangat dipengaruhi oleh logo klub lama. Logo baru hanya mewakili tim Sepakbola sedangkan logo lama mewakili klub secara semuanya.

Gelar

Pada level domestik, klub berjuluk “Faris Najd”  tersebut telah memenangkan sembilan gelar pada Liga primer Arab Saudi, enam piala raja, tiga piala mahkota, tiga piala federasi dan dua piala super Saudi.

Sedangkan pada tingkat internasional, Al Nassr memenangkan dua liga Champions GCC dan meraih gelar ganda Asia pada 1998 yaitu piala Winners Asia dan piala Super Asia.

Rudi Garcia adalah pelatih klub Al Nassr saat ini. Pelatih asal Prancis itu telah menjadi pelatih klub tersukses di Arab Saudi sejak 29 Juni 2022, menggantikan Miguel Angel Russo yang kena pecat. Sebelumnya, Rudi Gracia merupakan pelatih yang menangani klub-klub seperti LOSC Lille, AS Roma,Olympique Marseille, dan Olympique Lyon.

Al Nassr memiliki pemain terkenal seperti Striker Kamerun, Vincent Aboubakar yang merupakan pemain kunci tim sampai saat ini. Keduanya bergabung pada tahun 2021. Sementara itu, pada 2022 Brasil Luiz Gustanov dan mantan kiper Arsel, David Ospina juga bergabung pada klub ini.

Cristiano Ronaldo menandatangi kontrak hingga 2025 mendatang dan ada opsi bertahan menjadi dua besar klub sera Arab Saudi untuk Piala Dunia 2030.

Prestasi Ronaldo tidak lagi ada keraguan, ia telah memenangkan lima gelar Liga Champions (2008, 2014, 2016, 2017, 2018), dua gelar Liga Italia (2019, 2020) bersama Juventus, dua trofi Liga Spanyol (2012, 2017) dan tiga trofi Liga Spanyol (2012, 2017). Trofi Liga Inggris (2007, 2008, 2009) bersama Manchester United. Ia juga merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions dan bersama timnas Portugal yang menjuarai Piala Eropa (Euro) 2016.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button