Kanal

Dukung Pertahanan dan Keamanan Negara, Bea Cukai Jakarta Lakukan Pemeriksaan Importasi Barang Militer

Bea Cukai Jakarta turut mengawal pemeriksaan importasi barang kebutuhan latihan militer yang berlangsung di Bandara Halim Perdanakusuma, pada Minggu (20/11/2022). Barang-barang tersebut meliputi senjata, amunisi, dan perlengkapan lainnya.

Kepala Bea Cukai Jakarta, Untung Purwoko, mengungkapkan bahwa kegiatan importasi tersebut dalam rangka latihan bersama pasukan khusus Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dengan tentara angkatan darat asal India.

“Kegiatan latihan bersama bertujuan untuk meningkatkan kemampuan militer Indonesia dalam rangka menjaga negara Indonesia dalam menghadapi ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu, hal ini juga sebagai upaya memperkenalkan produk industri pertahanan Indonesia kepada dunia internasional,” imbuhnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 91/PMK.04/2021 disebutkan bahwa pembebasan bea masuk diberikan atas impor persenjataan, amunisi, perlengkapan militer dan kepolisian, termasuk suku cadang, serta bahan dan barang yang dipergunakan bagi keperluan dan keamanan negara.

Untung mengatakan bahwa pada hari yang sama, yaitu Minggu (20/11/2022), Menteri Pertahanan Amerika Serikat mengunjungi Indonesia dalam rangka kunjungan kerja. Dalam hal ini, Bea Cukai bekerja sama dengan TNI turut melakukan pemeriksaan terhadap senjata api dan amunisi yang dibawa oleh personel pengawal Menteri Pertahanan Amerika Serikat tersebut.

“Kami berharap fasilitas pembebasan bea masuk ini dapat mendukung keamanan dan pertahanan negara dari segi penyederhanaan sistem dan prosedur dalam kegiatan importasi barang militer. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi Bea Cukai dengan instansi lainnya,” pungkas Untung.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button