Viral

Lompati Pembatas, Pengunjung Kebun Binatang Riau Ditarik Orang Utan

Seorang pengunjung Kebun Binatang Kasang Kulim, Kabupaten Kampar, Riau nyaris digigit orang utan karena nekat melompati pagar pembatas hanya demi membuat konten video.

Aksi ini terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Pengunjung yang berinisial HA itu diketahui telah melanggar aturan kebun binatang hingga akhirnya tubuhnya ditarik oleh orang utan yang bernama Tinaitu.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (6/6/2022) kemarin, ketika itu petugas yang menjaga sedang makan siang sehingga tidak ada yang melihat pengunjung itu nekat melompati pagar pembatas. Padahal di lokasi terdapat larangan bagi pengunjung untuk melewati pembatas.

Pengelola Kebun Binatang Kasang Kulim, Desrizal menjelaskan pengunjung HA telah melanggar aturan dan sangat membahayakan bagi dirinya maupun satwa. “Pengunjung tersebut telah melanggar aturan dengan melompati pagar pembatas dan menendang orang utan,” katanya, Selasa (7/6/2022).

Karena itu dirinya mengimbau kepada seluruh pengunjung agar menaati peraturan selama berada di area Kebun Binatang Kasang Kulim. “Kalau imbauan di depan kandang sudah ada semua,” jelasnya.

Dalam video terlihat seorang pengunjung yang melompati pagar pembatas itu mendekati kandang orang utan dan tiba-tiba ditarik, sampai akhirnya ia kesulitan untuk melepas cengkeraman satwa asal Pulau Kalimantan itu.

Sampai akhirnya pengunjung itu berteriak minta tolong dan mendapat bantuan dari orang lain untuk lepas dari cengkeraman kuat orang utan tersebut. Meski nyaris digigit, untungnya pengunjung berhasil melepaskan diri dengan selamat.

“Jangan menganggap lemah hewan itu. Jadi istilahnya kita sebagai manusia jangan merendahkan hewan,” tandas Desrizal.

Salah satu akun Twitter @indiratendi salah seorang ahli biologi satwa liar khususnya primata. Dalam akunnya, ia menuliskan, “Kekuatan tangan orangutan itu 500 pound atau setara 8x kekuatan manusia dewasa. Kekuatan gigitan orangutan 600 PSI, setara gigitan anjing polisi yang ras Doberman. Bonbin (kebun binatang) buat pagar/kolam pembatas itu demi keselamatan pengunjung,” tulisnya.

Anton Hartono

Jurnalis yang terus belajar, pesepakbola yang suka memberi umpan, dan pecinta alam yang berusaha alim.
Back to top button