ArenaViral

Mimpi Bangun Stadion Jakarta Terwujud, Sutiyoso: Terima Kasih Anies

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso mengucapkan terima kasih kepada Anies Baswedan. Pasalnya mimpinya bangun stadion sepak bola bertaraf internasional untuk markas Persija Jakarta baru terwujud saat Anies menjabat Gubernur DKI. Stadion tersebut adalah Jakarta Internasional Stadion (JIS) atau Stadion BMW di Jakarta Utara.

“Tentu saja saya terima kasih Anies. Ini salah satu mimpi saya,” kata Sutiyoso dalam kanal YouTube Karni Ilyas Club, dikutip Sabtu (1/1/2021).

Sutiyoso menceritakan saat menjadi Gubernur DKI pada 1997 silam, klub Persija belum memiliki stadion. Kondisi tersebut juga membuat banyak pihak tidak memperhitungkan klub sepak bola Indonesia yang berbasis di Jakarta itu.

Ia lalu berupaya mencari lahan dan mendapatkan sebidang tanah di Taman BMW, Jakarta Utara jelang akhir masa jabatannya 2006 lalu. Usaha itu tidak sia-sia, Anies akhirnya berhasil membangun mimpinya bangun stadion.

Sutiyoso juga mengaku sangat gembira dengan gebrakan Anies, karena sudah membangun stadion berstandar internasional.

“Nah sekarang di bangun Anies itu JIS. Saya gembira. Saya sudah sempatkan ninjau ke sana. Tapi memang belum 100 persen pembangunannya,” kata Sutiyoso.

Seperti berita sebelumnya, Gubernur Anies Baswedan menunaikan janji politik saat Pilgub DKI 2019. Yakni membangun stadion megah bertaraf internasional Jakarta International Stadium (JIS).

Rencananya, JIS yang juga stadion sepak bola berkapasitas 82.000 penonton ini, menjadi kandang Persija Jakarta.

JIS adalah stadion pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum, yakni predikat bangunan yang ramah lingkungan level tertinggi. Kabarnya, stadion ini adalah yang terbesar di Asia yang tersambung dengan jalur kereta.

Lantaran, stadion ini menggunakan rumput hybrid sesuai standar FIFA. Baik pada stadion utama, maupun dua Lapangan Latih JIS yang telah diresmikan pada 28 Desember 2020 itu.

Willi Nafie

Jurnalis, setia melakukan perkara yang kecil untuk temukan hal yang besar
Back to top button