Viral

Pimpin Restorative Justice, Kapolsek Balaraja Damaikan Kasus Karyawan vs Atasan

Perkara seorang karyawan yang ditangkap karena mempunyai utang sebesar Rp20 juta akhirnya berujung damai.

Kapolsek Balaraja Gede Prasetia Adi, melakukan mediasi dan memimpin langsung proses restorative justice dalam penanganan perkara antara David Susanto selaku Tersangka yang dilaporkan oleh PT. Darisa Inti Mitra.

Sebelumnya David Susanto (DS) ditahan oleh Polsek Balaraja atas laporan yang dilakukan oleh PT. Darisa Inti Mitra, sehubungan dengan pinjaman sebesar Rp20 yang dilakukan oleh DS  kepada Sdr. Rhesa Davy Subrata yang merupakan atasan DS di PT. Darisa Inti Mitra pada tanggal 30 Mei 2021.

“Pihak keluarga dan kuasa hukum mengapriasisi setinggi-tingginya langkah yang diambil oleh Kapolsek Balaraja dan berterimakasih kepada pihak pelapor yang berbesar hati untuk menyelesaikan masalah ini dengan mencabut laporan tersebut,” kata
Penasihat hukum DS, Jatendra Hutabarat kepada wartawan Rabu (3/11/2021).

Dengan mengutamakan prinsip restorative justice, Polsek Balaraja berharap para pihak berdamai dan menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan, tidak semua perkara harus dilaporkan ke polisi dan berlanjut hingga penuntutan dan persidangan apabila para pihak memutuskan untuk penyelesaian secara win-win solution.

“Polsek Balaraja mempertemukan Pihak Keluarga David Susanto dan Pihak PT. Darisa Inti Mitra, dan telah dicapai kesepakatan untuk dicabutnya laporan ini, dan David Susanto dilepaskan dari tahanan pada hari ini,” ujar Jatendra.

Restorative Justice di Kepolisian bukanlah hal baru, Surat Edaran Kapolri No.8 Tahun 2018 adalah dasar bagi Kepolisian untuk mengedepankan Restorative Justice, perkembangan sistem dan metode penegakan hukum di Indonesia menunjukkan adanya kecenderungan mengikuti perkembangan keadilan masyarakat terutama berkembangnya prinsip keadilan restoratif (restorative justice) yang merefleksikan keadilan sebagai bentuk keseimbangan hidup manusia.

Ivan Setyadhi

Dreamer, Chelsea Garis Biru, Nakama, Family Man, Bismillah Untuk Semuanya, Alhamdulillah Atas Segalanya
Back to top button