Arena

Proliga Musim 2022 Resmi Dimulai dari Sentul

Liga bola voli utama Indonesia, Proliga, musim 2022 telah mulai dengan simbolis penandaan lewat laga pembuka antara tim putri Jakarta Elektrik PLN dan Jakarta Mandiri Popsivo Polwan di Padepokan Bola Voli Sentul, Jawa Barat, Jumat (7/1).

Ajang ini tercapai oleh semua pihak yang terlibat agar bisa menjadi kawah candradimuka tempat mencetak pemain tim nasional, apalagi timnas putra ataupun putri Indonesia akan mengikuti SEA Games 2021 di Vietnam, Mei mendatang.

”Kami mengapresiasi dan menghargai semua upaya PP PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia), pemilik klub, atlet, pelatih, dan ofisial sehingga Proliga bisa bergulir kembali. Kami berharap ajang ini bisa optimal untuk pembentukan timnas putra ataupun putri di SEA Games 2021,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat membuka Proliga 2022.

Khusus timnas putra, Zainudin berharap mereka bisa mempertahankan medali emas yang diraih dalam SEA Games 2019 di Filipina pada SEA Games 2021. Adapun timnas putri akan punya target bisa mengikuti jejak tim putra di SEA Games 2019 pada SEA Games 2021 mendatang.

Terlepas dari itu, Kemenpora berharap Proliga 2022 bisa bergulir hingga tuntas. ”Maka itu, kami berharap pula semua pihak yang terlibat bisa menjalankan komitmen menjaga protokol kesehatan dengan ketat agar ajang ini tidak menjadi tempat penyebaran Covid-19 dan berhenti di tengah jalan,” ujar Zainudin berpesan.

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo menuturkan, sejak pandemi COVID-19 terjadi sekitar Maret 2020, Proliga 2020 putus di jalan. Adapun Proliga 2021 ditiadakan. Sekarang, dengan kondisi lebih kondusif, Proliga 2022 bisa terselenggara dengan protokol kesehatan ketat.

Pengobat Rindu

Yang terpenting sebagai pengobat rindu, Proliga 2022 ini turut menjadi ajang seleksi pemain untuk membentuk timnas putra ataupun putri guna berlaga dalam SEA Games 2021.

”Semoga ini menjadi pengobat rasa rindu para pencita voli nasional. Semoga semua klub bisa memanfaatkan momentum ini dengan menunjukkan permainan yang berkualitas dan mempraktikkan sportivitas yang tinggi,” katanya.

Tim putra Surabaya Bhayangkara Samator yang akan berlaga pada Proliga 2022 meluncur di Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Selain itu Imam menjelaskan, Proliga 2022 terlaksana pada 7 Januari-22 Maret yang memusatkan di Padepokan Bola Voli Sentul. Ada enam klub putra dan lima klub putri yang berpartisipasi dengan total 66 pertandingan.

Semua laga itu tertutup. ”Selain sebagai pengobat rindu, Proliga 2022 ini turut menjadi ajang seleksi pemain untuk membentuk timnas putra maupun putri guna berlaga dalam SEA Games 2021,” ungkap Imam.

Ibnu Naufal

Menulis untuk masa depan untuk aku, kamu dan kita.
Back to top button