Hangout

APPMI Terus Lahirkan Desainer Muda Berbakat Indonesia

Ketua Umum Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Poppy Dharsono menjelaskan, hadirnya Indonesia Young Fashion Designer Competition karena APPMI ingin mencari talenta-talenta muda yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya yang sudah memiliki pendidikan fashion. Hal ini adalah wujud dari langkah APPMI terus lahirkan desainer muda berbakat di Indonesia.

“Dengan adanya Indonesia Young Fashion Designer Competition, ini menjadi ajang yang tepat untuk menemukan bibit-bibit muda yang memiliki potensi yang dapat kami support kedepannya untuk menjadi desainer yang mumpuni,” ungkap Ketua Umum APPMI Poppy Dharsono, seperti mengutip dari keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, (16/12/2022).

Dari adanya ajang kompetisi ini juga, sambung Poppy, diharapkan dapat lahir produk fesyen baru yang bukan hanya fresh tetapi juga berkualitas. Sebab, bagaimana pun juga karya desainer fesyen Tanah Air sudah memiliki pasarnya sendiri dan bahkan menjadi penyumbang ekonomi yang cukup besar melalui lini ekraf.

“Industri fesyen adalah salah satu yang menjadi prioritas di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bukan hanya Ekraf telah menjadi salah satu dari penghasil pemasukan untuk Negara yang terbesar, industri fashion terbukti menyerap banyak sekali tenaga kerja,” paparnya.

“Dengan meningkatnya jumlah middle class, gaya hidup kini menjadi sebuah kebutuhan. Ini adalah suatu komoditi yang bisa menjadi salah satu devisa yang cukup besar. Kalau saja kita semua membeli barang-barang buatan Indonesia, itu akan lebih baik lagi, sehingga pada akhirnya akan memberikan dampak ekonomi yang baik kepada negara,” tambah Poppy Dharsono.

Dalam penyelenggaraan putaran semifinal kali ini, hari Kamis tanggal 15 Desember 2022 di Roemah Djan, Indonesia Young Fashion Designer Competition didukung oleh beberapa pihak yang luar biasa, antara lain Roemah Djan dan Wardah Inspiring Beauty. Seluruh 50 semifinal hadir dari berbagai kota di Indonesia ke Jakarta dengan membawa karya-karyanya untuk dinilai oleh para juri.

Young Fashion Designer Competition by IFW 2023

Tercatat total pendaftaran lebih dari 600 peserta, yang mengumpulkan sketsa sebanyak 160. Dari 160 itu, APPMI memilih 50 semifinalis yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Mulai dari DKI Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Ngawi, Samarinda, Kudus, Riau, Jepara, Blitar, Bandung, Surabaya, Denpasar, Bandar Lampung, Jambi, Gorontalo, dan masih banyak lagi.

“Dari penjurian semifinal, akan dipilih 15 orang finalis,” ujar Poppy Dharsono.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button