News

Polda Kantongi Bukti Penyerahan Uang SYL ke Firli

Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengungkap terjadi beberapa pertemuan dan penyerahan uang antara Ketua KPK Firli Bahuri dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Syafri Simanjuntak mengatakan, dari hasil penyidikan ditemukan fakta adanya pertemuan antara Firli dan SYL.

“Prinsipnya dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi setidaknya kami dari tim penyidik menemukan fakta beberapa kali pertemuan dan diduga penyerahan uang,” ujar Ade kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Diketahui, pertemuan antara keduanya terjadi lapangan bulu tangkis pada 2 Maret 2022. Pertemuan lainnya diduga terjadi di ‘lobby house’ Firli Bahuri di Jalan Kertanegara Nomor 46.

Namun, yang menjadi viral dalam pertemuan tersebut adalah foto pertemuan antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengakui pertemuannya dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di  sebuah lapangan bulu tangkis.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak usai pemeriksaan terhadap Firli di Gedung Bareskrim Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

“Membenarkan (pertemuan tersebut) sekira bulan Maret 2022. Sementara itu terkait dengan materi penyidikan belum bisa kita ungkap. Tapi yang jelas beliau mengakui adanya pertemuan itu,” kata Ade kepada awak media.

Lebih lanjut, Ade belum membeberkan secara rinci mengenai ada atau tidaknya pemberian uang dalam pertemuan tersebut. Dia meyebut, hal itu merupakan materi penyidikan yang masih didalami.

“Sekali lagi karena ini menyangkut masalah materi penyidikan kami belum bisa ungkap sekarang. Namun kami dari penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Bareskrim Polri akan menjunjung tinggi transparansi, profesionalisme dan akuntabilitas dari kegiatan penyidikan yang kita lakukan,” katanya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button