News

Kejagung Belum Mau Ungkap Peran Adik Johnny Plate di Kasus Korupsi BTS 4G BAKTI

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan terus mendalami peran adik kandung Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate bernama Gregorius Alex Plate (GAP) dalam dugaan korupsi penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Sejauh ini, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Kuntadi mengaku telah dua kali memeriksa GAP. Namun, yang bersangkutan kata Kuntadi, masih berstatus sebagai saksi.

Mungkin anda suka

“Terkait dengan bapak Gregorius, meskipun yang bersangkutan sudah kita panggil atau periksa beberapa kali, namun memang kapasitasnya masih sebagai saksi dan masih kita dalami,” ujarnya di Gedung Bundar Kejagung RI, Selasa (14/2/2023).

Kejagung pada akhirnya mengamini jika Gregorius merupakan kerabat dekat dari Menteri Johnny. Ia disebut sebagai pihak swasta tanpa embel-embel di belakangnya.

Kejagung juga masih belum mau mengungkapkan secara detail soal keterkaitan Gregorius dengan Kominfo dalam kasus dugaan korupsi pengadaan BTS 4G itu.

“Ya beliau adiknya dari bapak Johnny Plate, dan hubungannya ya kita sedang dalami makanya kenapa bisa terkait dengan ini,” sebut dia.

Selain itu, Kejagung juga memastikan Gregorius tak miliki jabatan apapun dalam lingkungan Kementerian yang dipimpin Johnny.

Semula, Kejagung memeriksa lima saksi termasuk Gregorius pada Senin (13/2/2023). Kelima saksi tersebut diperiksa untuk perkara dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan tersangka AAL, GMS, YS, MA, dan IH.

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kemenkominfo tahun 2020 sampai 2022,” ujar Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangan tertulisnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button