News

Bey Machmudin: Semua Stakeholder harus Fokus Antisipasi Bencana Alam

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengajak semua stakeholders untuk fokus pada upaya antisipasi bencana alam. Memasuki musim hujan tahun ini, Pemprov Jabar telah menetapkan siaga darurat bencana di seluruh wilayah Jabar. 

“Perlunya pemerintah, TNI/Polri, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, unsur organisasi kemasyarakatan dan semua komponen melaksanakan upaya penanggulangan bencana yang bersifat cepat, tepat, dan terpadu sehingga mampu menghilangkan atau meminimalkan dampak bencana,” ujar Bey Machmudin menjadi inspektur upacara Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam di Makodam III Siliwangi,  Kota Bandung, Jumat (8/12/2023).  

Mungkin anda suka

Status siaga darurat bencana diterbitkan melalui SK Gubernur nomor 360/Kep.764-BPBD/2023 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Banjir Bandang, Cuaca Ekstrem, Gelombang Ekstrem dan Abrasi, serta Tanah Longsor di Jawa Barat.

Bey meyakini seluruh elemen sudah siap dalam menghadapi musim penghujan  yang sudah mulai dirasakan. 

“Hari ini Pemprov Jabar dan Forkopimda melaksanakan apel siaga. Tadi kita lihat bersama semuanya sudah siap dan tentunya kita harap masyarakat kooperatif, artinya mematuhi aturan-aturan di lapangan,” katanya. 

Bey juga mengingatkan masyarakat senantiasa memantau prakiraan cuaca yang dirilis BMKG sebagai langkah mitigasi. 

Secara khusus, Bey mengapresiasi Pemda Kabupaten Bandung Barat, beserta TNI/Polri yang telah bergerak cepat menangani longsor di Kecamatan Cililin belum lama ini. 

“Artinya bencana kita tidak harapkan, tapi yang terpenting kita respons cepat. Kami pemerintah, TNI/Polri untuk memberikan respons cepat dan agar masyarakat tetap merasa ada respons di pemerintah,” pungkas Bey.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button