Kanal

Makna Logo Hari Pahlawan 2021

Hari Pahlawan bakal jatuh pada 10 November 2021 mendatang. Peringatan ini guna mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah mengusir penjajah dari tanah air.

Ditandai dengan peristiwa heroik pada 1945 di Surabaya yang memakan banyak korban.

Mungkin anda suka

Kementerian Sosial pun merilis logo Hari Pahlawan 2021 dengan tema “Pahlawanku Insipirasiku”. Dalam logo tampak tangan menggenggam bambu runcing disematkan bendera Merah Putih. Ada lima simbol dalam logo tersebut dan ini maknanya;

1. Bambu Runcing 

Bambu runcing adalah senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini menjadi simbol keberanian para pahlawan dalam mengusir kolonialisme. 

2. Menolong 

Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. 

3. Buku 

Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi saat ini bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. 

4. Bendera Berkibar

Bendera merah putih merupakan simbol dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang harus kita jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

5. Kepalan Tangan

Kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Willi Nafie

Jurnalis, setia melakukan perkara yang kecil untuk temukan hal yang besar
Back to top button