Arena

Menparekraf Sandiaga Puji RRQ Mabar High School Competition Dorong Ekonomi Kreatif

Dalam perkembangan ekonomi dan industri kreatif yang dinamis, Menparekraf Sandiaga Uno, baru-baru ini menyoroti potensi besar dari ajang e-sports di Indonesia. Salah satunya, RRQ Mabar High School Competation, sebuah ajang kompetisi e-sports yang dikhususkan bagi para pelajar SMA, dan telah menjadi salah satu peristiwa penting yang mendorong geliat ekonomi kreatif di tanah air.

RRQ Mabar High School Competation, yang merupakan tahapan lomba e-sports terbesar bagi para pelajar SMA di Indonesia, telah menghasilkan jejak yang signifikan dalam dunia e-sports global. Tim RRQ, sebagai penyelenggara, kini berada di urutan kedua dalam daftar tim e-sports dengan penonton terbanyak di dunia.

Di tengah potensi besar ini, tantangan muncul dari dalam negeri. Di Indonesia, lebih dari 50% generasi Z sangat menyukai permainan video, tetapi hobi ini seringkali mendapat penolakan dari lingkungan sekitar. Sebagai respons, sebuah riset dilakukan bersama dengan Fakultas Psikologi Universitas Nasional. Hasilnya menunjukkan bahwa bermain game, ketika dipandu dengan baik dan menjadi kompetitif, dapat menjadi ladang pengembangan kreativitas bagi generasi muda.

“Riset kami dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia membuktikan bahwa bermain game, ketika menjadi kompetisi, dapat membangkitkan semangat juang pemain dan membantu mengembangkan kreativitas mereka. Di season pertama, kami berhasil melibatkan 1000 sekolah dengan lebih dari 10.000 partisipan. Kami berencana untuk menyelenggarakan dua musim dalam setahun,” ujar Direktur RRQ Mabar, Azis Hasibuan, dalam sesi pertemuan mingguan dengan Sandi Uno, Senin (24/7/2023).

Ajang ini bukan hanya membuka ruang kompetisi, tetapi juga kesempatan belajar bagi para pesertanya. Aiko Valerina Daniel, Pemenang RRQ Mabar School Ambassador dari SM 81 Jakarta, menuturkan pengalamannya. “Kami diberikan kesempatan untuk belajar dari profesional di bidang industri kreatif dan mendapatkan masukan profesional. Saya mendapatkan banyak wawasan baru, dan pengalaman ini dapat disaksikan oleh jutaan penonton di media sosial,” kata Aiko.

Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi keberhasilan RRQ Mabar, yang kini telah menjadi ajang perlombaan SMA/SMK terbesar se-Indonesia. Prestasi ini tentu dapat memberikan motivasi bagi generasi muda Indonesia untuk mengejar prestasi mereka.

Dengan optimisme, Sandi berharap bahwa industri kreatif Indonesia dapat terus berkembang dan maju. Seperti e-sports yang telah menunjukkan perkembangannya yang pesat dan berkontribusi positif pada industri kreatif Indonesia, harapannya lebih banyak lagi bakat game pemain Indonesia yang lahir dan dapat bersaing di ajang internasional, semakin mengharumkan nama Indonesia di panggung dunia.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button